Senin, 21 Februari 2011

Atraksi Rodat Meriahkan Getasan Expo

Getasan – Atraksi Rodat yang merupakan kesenian dari Desa Sumogawe meriahkan acara Getasan Expo yang berlangsung di Kantor Kecamatan Getasan, Kabupaten Semarang, Minggu (20/02).


Kesenian yang menjadi alat pemersatu agama di Desa Sumogawe ini tampil atraktif dengan kepiawaiannya dalam menunjukkan kemampuannya bersatu padu membuat suatu bangunan dan tak kalah seru dengan berbagai atraksi ekstrim seperti melahap bola api, mengupas kulit kelapa dan memakan bohlam lampu.


Pak Mardi ketua dari Rodat Wahyu Tunas Muda ini berkata, “Kesenian Rodat ini merupakan salah satu cara yang kami lakukan dalam menjaga kerukunan antar umat beragama di Desa Sumogawe, khususnya di dusun Pringapus”. Kesenian ini juga tidak menggunakan unsur magic didalamnya, hanya ketrampilan yang diasah secara terus-menerus” jelasnya.

Getasan Expo yang diselenggarakan oleh Tim I KKN 2011 Undip ini merupakan puncak acara dari berbagai program dari Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang berada di berbagai desa di Kecamatan Getasan.

Stand dari berbagai desa yang ada di Getasan Expo ini banyak menyuguhkan berbagai potensi dari desa yang ada di Getasan, antara lain dari bidang pertanian terdapat buah waluh dan ketela pohon. Selain itu, terdapat juga stand UMKM yang menyuguhkan berbagai hasil olahan produksinya seperti krupuk rambak, geplak waluh, dodol susu, pempek singkong, pancake, kripik gula, gula kacang, kripik gemblong dan lain sebagainya.






Naskah : Ahmad Faiq S. (@faiq_syukr)
Foto : Arief Rahman H. (@mametmumeti)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar